//
you're reading...
Uncategorized

Rasul Paulus

Paulus1Sajian Utama:

Tiga kali Rasul Paulus menjalankan misinya di sekitar Balkan, sebelum menuju ”pusat kekuasaan” di Roma. Misi Paulus adalah membawa ajaran Yesus keluar dari lingkungan Yahudi. Perjalanan Paulus inilah yang direkonstruksi Peter Walker menjadi sebuah karya jurnalistik dan mudah dicerna oleh generasi sekarang. Siapakah Paulus? Rasul Paulus atau sering disebut Santo Paulus dari Tarsus, adalah etnis Audi kelahiran Tarsus (Turki). Lukas dalam Kisah Rasul mengatakan Paulus lahir di Tarsus, ibukota provinsi Kilikia, Asia Kecil (Kis 22:3; 21:39). Informasi ini menjelaskan latar belakang Yunani-Helenis Paulus sekaligus keyahudiannya. ”Tarsus itu kota besar dan makmur, pusat kebudayaan, filsafat, dan pendidikan Yunani. Di situ juga ada koloni Yahudi yang berkecimpung dalam perdagangan dan kerajinan. Paulus mahir membuat kemah. Ia pun mahir menulis dalam bahasa Yunani tingkat tinggi. Retorika dalam surat-suratnya pun hebat,” demikian Prof Dr Martin Harun OFM.

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Napak Tilas Misi Paulus

Tiga kali Rasul Paulus menjalankan misinya di sekitar Balkan, sebelum menuju “pusat kekuasaan” di Roma. Misi Paulus adalah membawa ajaran Yesus keluar dari lingkungan Yahudi….

Pribadi Paulus Menurut Kitab

Lapangan misi Paulus menyebarkan Injil adalah dunia seluas-luasnya. Tugas itu tidak dilakukannya sendiri. Ia mengandalkan jaringan kerjasama dan memberdayakan jemaat lokal mampu melakukan evangelisasi sendiri di daerahnya…

Buku Tentang Paulus

Banyak buku berkisah mengenai Paulus, baik mengenai pribadinya maupun tulisan atau kiprahnya dalam mewartakan Kabar Gembira. Beberapa di antaranya sbb: Station of the Cross According to Saint Paul, terbitan Paulist Press 2008, tulisan Pastor John Witherup: Buku ini berisi refleksi mendalam terhadap surat-surat Paulus. Pemahaman dan pemaknaan Paulus akan arti Salib Kristus dapat membawa inspirasi bagi kita untuk mengerti betapa besar kekuatan Salib sekaligus membuka diri lebih lebar pada karya Roh Kudus.

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Mau Lebih Mencoba

YESUS tidak pernah secara langsung hendak membangun komunitas beriman yang kelak disebut Gereja. Apalagi, hendak mendirikan agama baru yang disebut Kristen. Bahkan, murid-murid dan dua belas rasul-Nya pun tidak bermaksud ke sana. Apa dan siapa yang membuat kita menjadi seperti sekarang ini?

(KABAR JAKARTA)

Kardinal Menahbiskan 9 Imam

Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja SJ menahbiskan sembilan imam, terdiri dari enam imam Diosesan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), dua imam Kongregasi Passionis (CP), dan satu imam SSCC….

Karya Terbaru Cinema Salvator

Cinema Salvator kembali menyelenggarakan pemutaran film, karya Orang Muda Katolik (OMK) dari Paroki Kristus Salvator, Petamburan, Jakarta Barat. Mereka memutar tiga judul film karya terbaru, selama tiga hari, Sabtu-Minggu, 1-2 Agustus, dan Minggu, 9 Agustus. Pemutaran film berlangsung di aula paroki. Tiga judul film itu adalah: Ketika Ada Cinta, Seindah Pelangi, dan Film Dokumenter 40 th Gereja Kristus Salvator….

Langsung Dimulai Setelah Diresmikan

Lembaga untuk meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan, bernama Sentra Belajar Guru Bekasi (SBGB), diresmikan Uskup Agung Jakarta Julius Kardinal Darmaatmadja SJ, Kamis, 20/8….

Alih Kepemimpinan di Binus

Alih kepemimpinan terjadi di Universitas Bina Nusantara Jakarta. Prof Dr Gerardus Polla, MAppSc, Rektor Universitas Bina Nusantara periode 2005-2009, menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Prof Dr Ir Harjanto Prabowo, MM untuk masa bakti 2009-2013…

Supaya Tidak Cepat Pikun

Sebanyak 123 orang dari Paguyuban Lanjut Usia (Lansia) “Simeon Hanna” Paroki Santo Fransiskus Asisi Tebet, Jakarta Selatan, berjalan santai ria menyusuri sekitar 3 km jalan di area permukiman Patra Residential, Kuningan-Jakarta Selatan, Sabtu, 15/8….

(NUSANTARA)

Sepuluh Tahun SPPQT

Ribuan petani menghadiri ultah ke-10 Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT) di Salatiga, Minggu, 9/8. Mereka datang dari 10 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, antara lain Semarang, Magelang, Boyolali, Temanggung, Batang, Grobogan, Sragen, Wonosobo, dan Salatiga sendiri….

Berpulang, Rektor UAJ Yogyakarta

Ketika terbaring sakit, empat hari sebelum meninggal, Prof Dr Agustinus Dibyo Prabowo MSc minta secarik kertas. Lalu, ia menulis untuk istri tercintanya yang berdarah Filipina, Minaflor S. Reyes: “Dibyo menyerah.”…

Belajar Sejak Dini

Hidup rohani perlu diisi dan diasah terus-menerus agar menjadi semakin tajam. “Karena hidup rohani menjadi satu landasan dan dasar pijak bagi Orang Muda Katolik untuk mengalahkan setiap cobaan di tengah perkembangan dunia yang kian canggih dan pluralis.”…

Kunjungan Dua Tahun Sekali

Uskup Agung Makassar, Mgr John Liku Ada’ melakukan kunjungan pastoral ke Kendari dan sekitarnya. Uskup didampingi Sekertaris Keuskupan Agung Makassar, Pastor Marcel Lolo Toding Pr, Vikep Sulawesi Tenggara (Sultra) Pastor Matheus Bakolu, Pastor kategorial Albert Maria Rua’, Pastor Paroki St Clemens Oct Sam Bureny, Pastor Paroki St Fransiskus Xaverius Sadohoa Martinus Pasomba,

Mukjizat Berita

Ada ungkapan keprihatinan Yesus sehingga mukjizat penggandaan lima potong roti dan dua ekor ikan dapat terjadi. Penekanannya bukan bagaimana mukjizat itu terjadi, melainkan mengapa mukjizat itu bisa terjadi? Bagaimana Yesus mengubah lima potong roti menjadi roti untuk banyak orang?

Tips bagi Pewarta

Banyak tips dihasilkan dari Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) yang diselenggarakan Badan Pengurus Keuskupan Pembaruan Karismatik Katolik (BPK PKK) Keuskupan Manado bekerjasama dengan Badan Pengurus Nasional (BPN) PKK dan Komisi Kateketik (Komkat) Keuskupan Manado di Wisma Keuskupan Manado, belum lama ini….

(SANTO-SANTA)

Bt Louis Martin dan Bt Zelie Guerin: Pasutri Yang Kudus

Louis Martin dan Zelie Guerin adalah orangtua yang setia dan bertanggungjawab dalam mendidik dan membina iman anak-anaknya. Berkat bimbingan mereka, lima orang putrinya menjadi biarawati….

(MIMBAR)

Memerdekakan Anak-anak Miskin (Refleksi Gagasan Mangunwijaya Seputar Pendidikan) [karya Steph Tupeng Witin]

INTI gagasan pendidikan Y.B. Mangunwijaya adalah “pemerdekaan” anak didik. Mangun melukiskan pemerdekaan sebagai sebuah proses dinamis yang “selalu berdialektik dengan realita yang selalu berkembang”. Mangun berikhtiar memerdekakan manusia dari belenggu politik, ekonomi, pembodohan, dan keterbelakangan….

Partisipasi Wanita dalam Politik (karya Jacobus Tarigan Pr)

DALAM Familiaris Consortio, Paus Yohanes Paulus II tidak hanya berbicara tentang relasi suami-istri dalam keluarga tetapi juga tentang partisipasi keluarga dalam pengembangan masyarakat. Agar dapat terlibat dalam masyarakat, sejak dalam keluarga, anak-anak mendapat pembinaan moral seperti sikap hormat, keadilan, dialog, dan cinta kasih….

(APA DAN SIAPA)

Andi F. Noya: Lentera Jiwa

A. Priyono Marwan SJ: Religius Cerdas

Selvie Rumampuk: Banyak Godaan

(OBITUARI) Marian Wiza MSF: Dua Keuskupan Berduka

(KONTAK-KONTAK)

Energi Motivasi

AHLI jiwa dari Amerika, M. Scott Peck dalam bukunya yang terkenal “The Road Less Travelled” mengemukakan bahwa hidup adalah rangkaian masalah. “Namun, masalah bisa menimbulkan kebijaksanaan dan keberanian,” tulisnya. Peck yakin, dengan semakin seringnya manusia menghadapi masalah dan mengatasinya, maka ia akan semakin bijak dan berani menghadapi realita fana hidup ini….

(KESAKSIAN)

Hikmah di Balik Musibah

Rencana Tuhan terkadang membingungkan manusia. Namun, kehendak-Nya pastilah baik. Meski untuk itu, jalan yang harus ditempuh kadang berliku, njlimet, bahkan absurd. Begitulah pengalaman iman yang ter­­ungkap dari Lucianus Budinasko (61), seorang korban bom yang diledakkan teroris di Gereja St Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu pagi, 22 Juli 2001 …

(JENDELA)

Paroki Ande Ate, Keuskupan Weetebula: Mengoreksi Warisan Misionaris

Idealnya, sebuah paroki bisa mandiri dalam hal keuangan, tenaga pastoral dan kehidupan iman umat. Namun, keadaan ini, seperti diakui Kepala Paroki Ande Ate Keuskupan Weetebula, Pastor Efrem Zuba CSsR, masih sebatas impian di masa depan…

(MANCANEGARA)

Mantan Presiden Katolik Korsel Wafat

Presiden Katolik Pertama Korea Selatan, Thomas More Kim Dae Jung meninggal di Seoul, Korea Selatan, Selasa, 18/8, pukul 1.45 siang waktu setempat dalam usia 85 tahun….

Situs Katolik Diblok Pemerintah Vietnam

Menanggapi berbagai pemberitaan internasional terkait sikap keras terhadap para demonstran Katolik, Pemerintah Vietnam menetapkan sensor ketat terhadap website Katolik, Kamis, 6/8…

(RENUNGAN HARIAN)

Menemukan Jarak Pandang (Karya Deshi Ramadhani SJ)

Salah satu akibat bertambahnya usia adalah berkurangnya ketajaman penglihatan. Hingga beberapa tahun yang lalu, saya mendekatkan mata saya pada buku yang saya pegang supaya saya bisa lebih jelas membacanya. Sekarang situasi berubah. Untuk bisa lebih jelas mengamati sebuah benda, saya justru harus menambah jarak antara mata saya dan benda itu. Jarak yang tepat akan menentukan ketajaman penglihatan….

(TEROPONG)

Perda Diskriminatif dan Paranoia Moralis (Karya Iswanti)

SUATU hari saya melihat dua orang pengamen, (maaf) banci, di pinggir jalan, dikejar dan dilempari batu kerikil oleh anak-anak sambil berteriak dan tertawa, “Banci, banci!” Kedua pengamen itu pun segera berlalu setengah berlari dengan sepatu hak tinggi, tak mau meladeni anak-anak kecil itu…

(EKSPONEN)

Sr M. Petra Sumaryati SPM: “Tuhan Menyertai Saya!”

Sederhana, murah senyum, dan ramah. Itulah figur Sr M. Petra Sumaryati SPM (Sr Petra), yang sudah 50 tahun berprofesi sebagai suster dan 25 tahun berkarya di Kalimantan. KONTRIBUTOR HIDUP, Dionisius Agus Puguh Santosa mewawancarainya beberapa waktu lalu. Berikut petikan wawancaranya: Bagaimana masa kecil Sr Petra hingga menjadi seorang suster?

(KONSULTASI IMAN)

Yesus Menikahi Maria Magdalena? (Karya Pastor Dr Petrus Maria CM)

BENARKAH Yesus diam-diam menikah denganMaria Magdalena? Seorang sahabat mengatakan bahwa pernikahan Yesus itu ditulis dalam salah satu Injil apokrif. Bagaimana pandangan Romo?

Stefanus Jehaut, Sidoarjo

(CERPEN)

Garis Tangan (karya Y. Prayogo)

SETELAH melalui pintu gerbang biara, Sunu berhenti sejenak, meletakkan tas jinjingnya. Ia mengeluarkan sisir kecil berwarna merah dari saku belakang celananya. Ia menyisir rambutnya yang cepak dan berombak. Kebiasaan yang selalu dilakukan Sunu….

(JELAJAH ARSITEKTURA)

Gereja Hati Kudus Ganjuran: Penuh dengan Simbol

Siang itu, lonceng perunggu buatan Eropa bertuliskan tahun 1927 berdentang kembali. Sejumlah pekerja dan tukang batu segera meletakkan peralatannya untuk istirahat makan siang….

(KONSULTASI KELUARGA)

Anak Tidak Mau Menikah (Karya Margaretha Sih Setija Utami)

YANG terkasih Ibu Margaretha, saya ingin ikut berbagi cerita mengenai masalah hidup kepada Ibu. Saya mempunyai tiga anak yang sudah menginjak dewasa tetapi tetap saja saya punya masalah. Anak pertama sudah berumur di atas 30 tahun tapi tidak mau menikah. Dia cukup tampan karena waktu remaja pacarnya banyak. Banyak anak perempuan yang naksir kepadanya….Paulus2

>

Diskusi

4 thoughts on “Rasul Paulus

  1. blognya bagus banget, menyadarkan diri atas besarnya kasih Yesus kepada saya secara pribadi. Maju terus…….

    Posted by venansius | 27 Agustus 2009, 2:42 am
  2. Saya berterima kasih karena ulasan ini sangat berguna.

    Posted by alexis soedibjo | 27 Agustus 2009, 4:57 am
  3. saya, kok jadi ragu ini gambar Rasul Paulus

    Posted by emil wizard | 8 September 2009, 2:54 am
  4. di jaman Kristus…anak – anak begitu dekat dengan Kristus…bahkan para murid Kristus ditegur karena berniat mengusir anak-anak yang hendak mendekati Kristus…tapi di saat ini…anak-anak harus punya uang untuk bisa dekat kristus…konkritnya sambut baru, permandian, krisma membutuhkan biaya yang cukup tinggi…bagaimana menurut pastor….terima kasih.

    Posted by Maria Imaculata | 26 Oktober 2009, 5:02 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: