//
you're reading...
Uncategorized

Agama Marapu

Agama-Marapu1 (Melihat sampul besar klik saja)
Sajian Utama:
HAMPIR di setiap sudut pulau Sumba bisa dijumpai batu-batu besar bertiang dan batu-batu yang ditancapkan ke tanah. Semua ornamen masa lalu itu menjadi bagian erat dari kehidupan hampir 30 persen dari 611.422 jiwa penduduk Pulau Sumba yang menganut agama Marapu. Marapu adalah agama asli orang Sumba, yang mengkultuskan arwah nenek moyang sebagai perantara untuk memuja yang Maha Pencipta. Keyakinan para penganut agama asli Sumba pun tergerus dan sebagian besar lalu beralih keyakinan. Meskipun begitu, komunitas-komunitas Marapu, terutama kaum tua, masih tetap eksis dan menjalankan iman kepercayaan mereka hingga saat ini. Tim Evangelisasi Keuskupan (TEK) Weetabula bertugas merumuskan program khusus kunjungan ke orang-orang Marapu. TEK juga berkeliling memberi motivasi kepada Dewan Paroki untuk secara khusus memperhatikan orang-orang Marapu. Uskup Weetebula, Mgr Edmund Woga CSsR yang ditahbiskan Kamis, 16/7, adalah ahli Marapu. Ke depan, bagaimana prospek hubungan Katolik dan Marapu?

KUTIPAN LEAD SAJIAN UTAMA (SAJUT):

Benteng Megalitik Marapu di Sumba

Pesona Sumba tidak hanya terletak pada seribu ekor kuda yang merumput di padang savanna, juga pada kekayaan tradisi Marapu dan hasil budaya megalitiknya. Ketika menapaki sebuah bukit, persis di tengah Kota Waikabubak, Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat, era modern terasa seolah lenyap…

Dari Stefanus Marapu ke Stefanus Katolik

SOSOK pemuda hitam manis ini mungkin aneh. Saat lahir di Desa Kaninubaru-Katikuluku-Sumba Timur pada 16 Juli 1985, orangtuanya langsung memberi nama Stefanus Kambaru Windi. Padahal, mamanya, Kongaatandewa dan bapanya, Lairia adalah penganut agama Marapu tulen….

Kedekatan Katolik dengan Marapu

Sejak dibentuk Tim Evangelisasi Keuskupan, Marapu ke Katolik tampak mengalir deras. KAPUARATU adalah stasi, 6 km dari pusat Paroki Sang Penebus Wara di Kota Waingapu, Sumba Timur. Saat ini, jumlah umat mencapai 169 orang (33 KK). Umat stasi yang terbentuk pada 2000 ini merupakan perpindahan dari penganut Marapu. Setiap tahun, sekitar 15 orang memeluk Katolik. Perkembangan yang sangat berarti ini terjadi setelah umat setempat membangun kapel yang diresmikan 26 Desember 2000…

Ya, Kita Terima

Penganut agama Marapu masih ada. Mereka hidup berdampingan dengan penganut agama lain yang dianggap resmi oleh Negara, yaitu Kristen, Katolik, Islam, dan Hindu. Gereja Katolik Keuskupan Weetebula yang melayani umat dan masyarakat di seluruh daratan Sumba merasa wajib mewartakan Injil kepada siapa saja, termasuk kepada penganut agama asli Sumba….

BEBERAPA KUTIPAN-KUTIPAN ISI MAJALAH:

(TAJUK)

Lokal dan Global

KETIKA Gereja hendak menjelaskan identitasnya di tengah-tengah masyarakat pluralis, ia mesti memiliki beberapa pegangan moral. Gereja harus memberikan suasana bebas, kesetaraan, dan hormat. Dengan demikian, Gereja diharapkan mendidik umatnya untuk menyadari keanekaragaman dan perbedaan sebagai nilai yang berharga. Pendidikan ini bukan dalam rangka taktik atau strategi agar Gereja bisa menaklukkan kebudayaan lain. Lebih-lebih, sikap hendak menguasai dan mendominasi ini tidak dilakukan terhadap kebudayaan minoritas….

(KABAR JAKARTA)

Syukur 20 Tahun Bapel PJPKSC

Selama 20 tahun Badan Penyelenggara Pelayanan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Sint Carolus (Bapel PJPK SC) berkarya menjadi mitra dalam jaminan pemeliharaan kesehatan. Untuk mensyukuri dua dasawarsa itu, Bapel PJPK SC mengadakan acara “Gathering Bersama Mitra Bapel PJPK Sint Carolus” di Auditorium Lantai 4 PK Sint Carolus Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu. 25/7…

Perayaan Imamat Dua Imam Karismatik

Sekitar 1.500-an orang mengikuti Misa Karismatik untuk merayakan 45 tahun imamat Pastor Lambertus Martinus Sugiri van den Heuvel SJ dan 50 tahun membiara Pastor Subroto Widjojo SJ, Minggu sore, 2/8. Dua imam ini adalah aktivis Karismatik Katolik yang tinggal di pastoran Theresia. Pastor Sugiri menjabat sebagai Moderator PKK KAJ, tahun 1984-1996….

Satu Dasawarsa PPKS

Pusat Pelayanan Konseling Shekinah (PPKS) berusia 10 tahun. Berbagai macam masalah sudah ditangani, yaitu urusan keluarga, penyakit, pendidikan, sampai dengan kuasa kegelapan….

Jumlah Umat Menyusut Drastis

Meski jumlah umat berkurang, pelayanan kepada umat tidak boleh berkurang. Jumlah umat Paroki St Ignatius Jalan Malang, Menteng, Jakarta Pusat menyusut drastis. Hal ini terungkap dalam laporan Kepala Paroki, Pastor Pranataseputra Pr kepada Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja SJ, saat mengunjungi paroki ini, Minggu, 9/8….

Upaya Mengamalkan Kasih

Di lahan bakal gereja Paroki St Klara diadakan pengobatan gratis dan bazar sebagai upaya mengamalkan kasih. Kegiatan yang berlangsung, Minggu, 2/8 ini merupakan kerjasama antara Sie Kerawam, Kelompok Yohanes Paulus II, dan Kelompok Lansia Pencinta Kitab Suci….

(NUSANTARA)

Mengurai Benang Kusut Masalah Sosial

Analisis tiga poros (pemerintah-pasar-masyarakat warga) yang dipakai pada SAGKI 2005, tampaknya masih ampuh untuk membongkar benang kusut permasalahan sosial dan ekonomi. Kali ini, analisis ini dipakai dalam Pertemuan Pastoral VIII Konferensi Waligereja Nusa Tenggara (Nusra) di Maumere, NTT, Senin-Jumat, 20-24/7….

Gereja St Fransiskus Xaverius Terbakar

Gereja Santo Fransiskus Xaverius di Kelurahan Kakaskasen I Kecamatan Tomohon Utara diamuk api, Selasa, 14/7, sekitar pukul 20.30 WITA. Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, sekitar pukul 15.30 WITA, umat Katolik mengikuti Misa Requiem di gereja tersebut, dipimpin Pastor Wilfrits Siunta Pr….

Tiga Kompetensi Etis

Ajaran Sosial Gereja adalah bagian dari iman. Karena itu, orang beriman harus membuka hati dan memasang telinga untuk kepentingan sekelilingnya. “ORANG beriman tidak mungkin mewujudkan imannya kalau dia hanya melihat ke dalam,” kata Uskup Agung Semarang, Mgr I Suharyo Pr dalam peluncuran buku berjudul “The Catholic Way: Kekatolikan dan Ke-Indonesiaan Kita” di Penerbitan-Percetakan Kanisius Deresan, Yogyakarta, Selasa, 28/7….

(SANTO-SANTA)

St Nikolaus dari Tolentino (1245-1305): Pengkhotbah Jalanan

Nikolaus amat terkesan tatkala seorang imam Agustinian, Pastor Reginald OSA berkhotbah. “Janganlah mencintai dunia atau barang-barang duniawi, sebab dunia ini akan segera berlalu,” ujarnya. Kata-kata itu senantiasa terngiang-ngiang di telinga Nikolaus. Ia berusaha merenungkan dan menghidupi kata-kata itu. Sejak itu, Nikolaus menyadari bahwa Tuhan telah menyentuh hatinya….

(EKSPONEN)

Dr Martino Sardi OFM: Semata-mata Karunia Tuhan

“Manakala kita berbuat baik kepada siapa pun, termasuk orang sejahat apa pun, yakinlah kita tak akan dijahati dan tak akan dimusuhi.” Inilah kiat Prof Dr Martino Sardi OFM saat terjun dalam dunia perdagangan manusia (trafficking). Dengan berbekal kebaikan, ketulusan, keikhlasan, serta doa, imam kelahiran Yogyakarta 29 September 1957 ini menentukan sikapnya berpihak pada orang-orang kecil…

(APA DAN SIAPA)

Budi Tjahjono: Diakui Dunia

Sepnu ‘Kuriman’ Heriyanto: Proposal, Nanti Dulu!

Pastor Alexius Kurdo Irianto: Gerakan Bagi Air

Pastor Vincenzo Baravalle SX: Menemukan Jalan Tol (OBITUARI)

(MIMBAR)

Kemerdekaan Vs Ketergantungan (karya Ibrahim Riberu OCD)

PADA umumnya, hampir setiap hal dapat dimengerti dengan lebih jelas justru bila dihadapkan atau dikontraskan dengan hal lain yang pada hakikatnya berlawanan dengannya. Dalam filsafat Timur, hal ini dikenal dengan Prinsip Polaritas. Misalnya, kita bisa memahami ke-ada-an bila dihadapkan pada ke-tiada-an. Kita bisa lebih mengerti kesehatan (baca: keadaan sehat) bila kita mengalami sakit. Kita bisa benar-benar memahami warna hitam bila dikontraskan dengan warna putih, dan masih banyak contoh lainnya….

Kesahajaan Cory (karya Felix Lengkong)

”SANGAT menyedihkan! Tak ada lagi orang Filipina yang sungguh kami cintai melebihi Tita (Tagalog, bibi) Cory,” tulis blogger bernama samaran Scarred Pretty tentang Saint of People Power (Majalah Time, 2009) yang wafat di Manila pada pukul 3.18 pagi waktu setempat, Sabtu, 1/8….

(KESAKSIAN)

Bingung Memilih Rahmat Allah

Mentari Kota Waingapu, Sumba Timur, NTT sangat tidak basa-basi pada 14 Juni 2009. Tampaknya, sang penguasa siang benar-benar menyengat wajah kota yang biasa dijuluki ”Kota Seribu Hinggi” (Kota Seribu Tenun Ikat-Red) dengan kekuatan penuh….

(KONTAK-KONTAK)

Target Meleset

ANGGOTA Kontak-Kontak terkasih, hampir semua di antara kita pernah merasa cemas. Ada banyak hal yang menjadi penyebabnya. Bisa jadi, tak kunjung memperoleh pasangan merupakan salah satu penyebabnya. Sementara waktu terus berlari hingga usia kita sudah tak belia lagi…

(MANCANEGARA)

Selamat Jalan, Bibi Cory

Paus Benediktus XVI turut berdukacita atas meninggalnya mantan Presiden Filipina, Corazon Aquino. HAL ini disampaikan Paus le­­wat surat yang dikirim Sekretaris Vatikan, Kardinal Tarcisio Bertone pada Uskup Agung Manila, Gaudencio Rosales, Senin, 3/8. Me­­nurutnya, Aquino adalah sosok pemimpin yang berani mewujudkan komitmennya, membawa rakyat Filipina menggapai kemerdekaan mereka sebagai warga negara sepenuhnya….

Seorang Pastor India Terbunuh

James Mukalel, seorang pastor berusia 39 tahun yang bertugas di Keuskupan Belthangady, India, terbunuh di Mangalore, Karnataka, India, Rabu, 29/7….

Ikuti Jejak Lugo

Seorang imam Katolik yang tengah diberi suspensi dan Gubernur Provinsi Pampanga, Filipina, Pastor Eddie Panlilio berniat berkompetisi dalam pemilihan presiden Filipina 2010….

(RENUNGAN HARIAN)

Peran di Kancah Sosial Politik (karya Dr V. Indra Sanjaya)

Bersama seluruh rakyat Indonesia, pada hari ini Gereja Indonesia merayakan hari kemerdekaan ke-64 negara kita tercinta, Republik Indonesia. Bacaan terpilihuntuk perayaan ini adalah Mat 22,15-21. Dalam bacaan ini, seperti kita ketahui bersama, terdapat ungkapan Yesus yang amat terkenal yang acapkali ditafsirkan sebagai ajaran-Nya tentang kewajiban seorang Kristen dalam bernegara….

(SAJIAN KHUSUS)

Pertemuan Pax Romana/ICMICA “Inkulturasi Membuka Konferensi”

Para pastor yang baru saja tiba di Indonesia tampak berseri-seri mengenakan pakaian adat Jawa. Mereka berfoto sebelum dansesudah Perayaan Ekaristi. Ini menjadi pengalaman pertama mereka mengenakan pakaian adat Jawa….

Membangun Solidaritas Global

Ledakan bom yang mengguncang Jakarta, tak mengurungkan niat panitia Pax Romana/ICMICA melangsungkan hajatan konferensi internasionalnya di Kota Gudeg Yogyakarta. Aparat kepolisian berjaga-jaga mengamankan jalannya konferensi….

(KONSULTASI IMAN)

Pengakuan Dosa (Karya Pastor Dr Petrus Maria CM)

PASTOR, mengapa kita harus mengakukan dosa kepada imam? Seringkali pengakuan itu hanya soal mengungkapkan kesalahan. Tapi kemudian, kita jatuh ke dalam dosa lagi. Maka, Sakramen Pengakuan Dosa seolah menjadi sarana menenteramkan hati saja. Mohon penjelasan….

Fransiskus Ismanto Harianto, Surabaya

(CERPEN)

Kasir Hotel (Karya Alexander Aur)

SUPRIHATINAH memutuskan untuk bekerja, setelah suaminya berhenti jadi sopir angkutan kota, karena kecelakaan tabrakan. Ia mencari informasi lowongan pekerjaan dari teman-teman dan tetangganya. Setiap pagi ia juga menyambangi penjual koran yang mangkal di pangkalan ojek motor, untuk mencari lowongan kerja di koran atau majalah….

(OBITUARI)

Ketika Mas Willy Tiba-tiba Pergi (karya F. Rahardi)

KAMIS sore, 6 Agustus 2009, ada acara sembahyangan di rumah, dan baru selesai sekitar pukul 22.00. Pukul 23.30, saya membuka e-mail, dan tahu bahwa Mas Willy, panggilan akrab W.S. Rendra, baru saja meninggal pada pukul 22.10. Ia akan dimakamkan setelah salat Jumat, 7 Agustus 2009, di TPU Bengkel Teater Rendra, di Cipayung, Citayam, Depok….

(TEROPONG)

Ekonomi Kerakyatan (karya A.M. Lilik Agung)

MEMPERBINCANGKAN ekonomi kerakyatan memang menarik. Semenarik menghujat neoliberalisme atau neokapitalisme. Namun, ketika mempraktikkan ekonomi kerakyatan sebagai ’ideologi’ ekonomi negara, akhirnya hanya berhenti sebatas wacana dan menguap hilang seiring dengan senyapnya gegap gempita pemilu. Meski begitu, tujuan mulia dari ekonomi kerakyatan tetap harus dijaga cahayanya, karena memiliki tujuan mulia….

Agama-Marapu2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: